Wisatawan Belanda Rindu Berwisata ke Pulau Dewata

by -

Denpasar, Baliinside.id – tengah pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat di berbagai belahan dunia untuk sementara membatasi perjalanan. Publik Belanda mengungkapkan kerinduan untuk dapat segera berwisata ke Pulau Dewata. 76 persen publik Negeri Kincir Angin itu menjawab ‘Bali’ ketika ditanya daerah mana di Indonesia yang saat ini sangat ingin mereka dikunjungi.

Jajak pendapat secara daring itu dilaksanakan dalam rangkaian Webinar yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam upaya memperkuat peran perwakilan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri atau VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Negeri Belanda, Kamis (11/6/2020).

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang menjadi pembicara pada kegiatan webinar sangat memahami kerinduan masyarakat dunia, khususnya Warga Negara Belanda untuk segera dapat berwisata ke Bali. Sebagai wakil gubernur yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali, dirinya banyak mendapat pertanyaan kapan pariwisata Bali akan dibuka kembali.

Pertanyaan itu tak hanya datang dari masyarakat Bali yang sebagian besar berkecimpung dalam sektor pariwisata, publik dunia pun sudah sangat rindu untuk datang menikmati kembali keindahan alam dan budaya Bali. Namun pemerintah belum dapat mengatakan secara pasti kapan Bali akan dibuka kembali.

Cok Ace menyampaikan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pusat menetapkan 3 kriteria dengan 11 indikator bagi daerah di Indonesia untuk membuka kembali kegiatan ekonominya. Salah satu indikatornya adalah penurunan jumlah kasus positif selama 2 minggu terakhir minimal 50 persen sejak puncak penambahan kasus positif COVID-19.

Mencermati perkembangan, menurut Cok Ace saat ini penyebaran COVID-19 di Daerah Bali masih belum menunjukkan penurunan yang stabil. Namun ia meyakinkan bahwa saat ini Bali terus berupaya melakukan upaya terbaik dalam menanggulangi penyebaran wabah COVID-19.

“Sejalan dengan itu, kita juga bekerja keras mempersiapkan segala hal yang esensial bagi kehidupan kenormalan baru (new normal) di masa mendatang,” ujar Cok Ace.

Salah satu persiapan yang telah dilaksanakan adalah menyusun protokol kesehatan untuk diterapkan pada seluruh sektor pelayanan publik maupun swasta yang berfokus pada Kebersihan (Cleanliness), Kesehatan (Health), serta Keamanan (Safety). Penglingsir Puri Ubud ini sangat berharap, Bali dapat dengan cepat meraih peluang untuk menjadi destinasi wisata yang unggul begitu dinyatakan layak dibuka kembali.

“Peluang ini dapat kita raih selama kita bisa memastikan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Bali mendapatkan perasaan aman dari resiko penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, implementasi protokol kesehatan pada seluruh sektor, terutama industri pariwisata, menjadi fokus utama kita semua,” bebernya.

Selain itu, Bali juga memberlakukan kebijakan preventif lainnya berupa screening ketat di pintu masuk. Bali juga memberlakukan syarat hasil tes PCR (swab) negatif bagi pelaku perjalanan udara sebelum keberangkatan menuju Bali. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan jaminan keamanan baik bagi wisatawan maupun masyarakat Bali. Cok Ace menyebut, tes PCR akan meringankan beban pikiran wisatawan sebelum bepergian. Sebab mereka akan lebih percaya diri dan yakin bahwa diri mereka terbebas dari virus Corona. Di sisi lain, masyarakat Bali pun akan dengan senang hati menyambut mereka kembali ke Bali.

“Saya menyadari bahwa saat ini biaya tes PCR masih terbilang mahal, namun jika melihat manfaat yang diperoleh saya rasa hal ini tidak akan terlalu menjadi hambatan bagi pariwisata Bali,” pungkasya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya mengatakan, rangkaian webinar ini merupakan upaya pemerintah untuk mengerakkan sektor pariwisata di masa sulit seperti saat ini dengan mengoptimalkan peran VITO yang tersebar di 16 negara di dunia.

Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi soft selling antara para pelaku usaha di luar negeri dengan pelaku usaha dalam negeri yang berpartisipasi. Dengan demikian pariwisata Indonesia diharapkan menjadi top of mind dalam pilihan calon wisatawan.
Kegiatan webinar yang sudah dilaksanakan sejak 11 Mei 2020 menyasar pasar sejumlah negara seperti Belanda, Rusia, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, India, Timur Tengah dan Arab Saudi. Destinasi wisata yang akan dipublikasikan dalam kegiatan webinar ini adalah Bali (sebagai destinasi utama pariwisata Indonesia), Batam-Bintan (sebagai destinasi cross border), dan juga Yogyakarta (sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia). Dalam paparannya, Nia mengurai tentang protokol kenormalan baru CHS (Cleanliness, Health dan Safety) yang diterapkan pada destinasi wisata yang akan dijadikan pilot project.