UMKM Denpasar Didorong Taat Prokes Saat Berkreativitas di Masa Pandemi

by -


Denpasar, Baliinside.id – Pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kota Denpasar didorong taat protokol kesehatan (prokes) saat mengembangkan kreativitas dan inovasi di masa pandemi. Kreativitas menjadi penting dalam upaya pemulihan ekonomi, namun harus tetap disiplin prokes. Salah satunya dengan mengembangkan usaha berbasis online.


“Yang mana saat ini Trend Bisnis Online merupakan satu-satunya cara untuk kita tetap melanjutkan usaha-usaha yang terpuruk dengan semangat pada masa recovery ekonomi dengan tetap melakukan Protokol Kesehatan, sehingga tetap produktif dalam berusaha” kata Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra saat mebuka Webinar bertajuk Digitalisasi UMKM Perempuan Di Era New Normal pada Selasa (8/12) di Denpasar.


Lebih lanjut dikatakan, dalam masa pandemi ini kata kuncinya adalah kesadaran yakni clean, healthy, safety, enviroment dan tidak kalah penting adalah digitalisasi. “Maka saya mendorong seluruh UMKM secara terus menerus memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pelanggan dan peningkatan pendapatan usaha. Untuk itu saya harapkan kompetisi UMKM di Kota Denpasar dalam hal digital marketing dapat lebih berkembang sebagai daya ungkit pemulihan ekonomi,” ujar Rai Mantra.


Sementara Ketua Dekranasda Kota Denpasar, IA. Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut. Disisi lain juga berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah yang jumlahnya kurang lebih 2700 IKM yang terdiri dari produk kerajinan, dan aneka sandang.
Selly Mantra mengungkapkan, pihaknya juga memfasilitasi IKM dalam Layanan Desain Kemasan.

Pelatihan ini dilaksanakan di Denpasar Design Center (DDC) yang didirikan Pemerintah Kota Denpasar dan diresmikan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia pada tanggal 31 Desember 2015 (mulia).