Toilet Direvitalisasi, Destinasi Wisata Goa Lawah Penuhi Standar CHSE

by -


Klungkung, Baliinside.id – Melaui Program Revitaliasi Toilet, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merevitalisasi toilet di sejumlah destinasi wisata favorit di Bali. Salah satunya di Kabupaten Klungkung, yakni toilet di obyek wisata Goa Lawah. Revitalisasi toilet dilakukan agar destinasi wisata memenuhi standar dan penerapan protokol kesehatan berdasarkan konsep Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).


Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, mengatakan Kemenparekraf hadir untuk mendampingi dan membangun keyakinan wisatawan lokal maupun mancanegara. Perbaikan toilet dan penambahan fasilitas lain untuk menunjang kebersihan, kesehatan, keamanan, serta kenyamanan wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.


“Kita harus meyakinkan wisatawan bahwa destinasi wisata sudah siap dan kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bahkan hingga ke toilet,’ kata Wawan Gunawan dalam sambutannya saat serah terima revitalisasi toilet bersih di Area Wantilan Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kamis (10/12/2020).


Wawan Gunawan menambahkan program revitalisasi destinasi wisata Bali memfokuskan pada perbaikan toilet dan fasilitas lain yang menunjang kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyaman. Program tersebut dicanangkan dalam rangka membangun kembali pariwisata di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung.
Bupati Klungklung, I Nyoman Suwirta menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Pihaknya berharap pihak pengelola dan dinas pariwisata melakukan pengelolaan toilet sebaik-baiknya.


“Toilet ini tidak boleh bagus hari ini saja, harus berkelanjutan, sehingga kesan baik pun juga akan berkelanjutan, Membuat itu jauh lebih mudah, tetapi untuk memelihara itu jauh lebih sulit”ujar Suwirta (mulia).