Provinsi Bali Jadi Prioritas Vaksinasi Covid 19 Bagi Lanjut Usia

by -

Denpasar, Baliinside.id/ – Rilis informasi yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Bali akan menjadi prioritas fase awal vaksinasi Covid 19 bagi masyarakat lanjut usia (60 tahun ke atas) yang akan dimulai dari ibu kota Provinsi yaitu Kota Denpasar. 

Pelaksanaan vaksinasi ini melalui sejumlah mekanisme yang dilaksanakan melalui fasilitas kesehatan (faskes) masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Peserta lanjut usia dapat melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs resmi Kementrian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id serta situs resmi Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di www.covid19.go.id. 

Di ketiga situs tersebut,akan tersedia link atau tautan bagi masyarakat lanjut usia. 

Untuk lansia  Kota Denpasar  pendaftaran  dilakukan melalui link di: denpasar.kemkes.go.id atau klik link ini

Para peserta juga diminta menjawab sejumlah pertanyaan yang harus diisi. Dalam mengisi data tersebut, lansia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat. 

Setelah peserta mengisi data di website maka seluruh data  peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi dan selanjutnya akan ditentukan jadwal ( hari, tanggal, waktu) beserta tempat vaksinasi. 

Selain melalui faskes, para lansia juga bisa mengikuti program vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh organisasi dan instansi dimana organisasi dan instansi tersebut dapat bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jika masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut terkait vaksinasi Covid 19 bagi lansia dapat menghubungi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada Hotline 119

Selain itu, Ingat terus pesan ibu “terapkan 3M” yakni memakai masker dimanapun terutama saat berada ditengah keramaian dan sedang mengobrol (berbicara) dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap saat karena aliran air sabun sangat efektif melarutkan virus dan kuman di kulit, serta ingatlah selalu untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Tetaplah waspada dan patuh jalankan protokol kesehatan dimanapun kita berada. COVID-19 musuh tak kasat mata, mengincar tiap momen kelengahan kita.

Terus patuhi 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun) dan dukung upaya 3T (Testing, Tracing, Treatment)