Kandungan Nutrisi dan 5 Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

by -

Tidak hanya mudah ditemukan dan nikmat, tempe juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Ilustrasi tempe. (Wikimiedia/Creative Commons)

Tempe atau yang secara internasional dikenal sebagai tempeh adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi biji kedelai atau bahan lainnya yang melalui proses fermentasi.

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, tempe sangat akrab ada di menu makan mereka, seakan sulit dipisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia secara kebanyakan.

Tempe tidak hanya ada dalam menu makanan berat, namun juga sebagai camilan yang sering disajikan dengan cara digoreng atau dibentuk kerupuk.

Selain mudah ditemukan dan juga nikmat, tempe memiliki kandungan-kandungan nutrisi yang dapat memberi manfaat kesehatan.

Kandungan nutrisi tempe:

Tempe kaya akan beragam nutrisi. Melansir dari NutritionData, dalam 100 gram tempe terdapat:

  • Kalori: 193
  • Protein: 18,5 g
  • Karbohidrat: 9,4 g
  • Lemak total: 10,8 g
  • Sodium: 9 mg
  • Zat besi: 15% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)
  • Kalsium: 11% dari AKG
  • Riboflavin: 21% dari AKG

Berikut manfaat tempe bagi kesehatan:

1. Kaya protein

Photo by Ella Olsson on Unsplash

Jumlah kandungan protein yang ada dalam tempe di gadang-gadang mengalahkan jumlah protein yang terkandung dalam daging sapi, dan hal tersebut benar adanya. Karena hal tersebut, tempe kerap kali dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Banyak sekali vegetarian atau vegan yang lebih memilih tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Setiap 100 gram tempe mengandung kurang lebih 18 – 20gram protein.

2. Mengandung antioksidan

Terbuat dari kedelai, tempe mengandung isoflavon

Kedelai sebagai bahan dasar tempe memiliki kandungan isoflavon, yakni senyawa metabolit sekunder yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kandungan isoflavon yang ada dalam tempe akan berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang mampu menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, hingga menjadi penyebab kanker.

Baca juga 6 Makanan dan Minuman Ini Membantumu Tetap Hangat di Musim Hujan

3. Mengandung probiotik

Ilustrasi pencernaan yang sehat | Foto oleh Plant-Based Juniors

Proses ferementasi yang melibatkan bakteri dan ragi tempe ini akan memunculkan probiotik yang berupa bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kita.

4. Membantu meningkatkan kekuatan tulang

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Tempe dapat menjadi sumber kalsium dan mineral yang bertanggungjawab atas kekuatan tulang. Pemenuhan kalsium yang baik akan membantu menghindari osteoporosis.

Mengutip dari Healthline, walaupun produk susu adalah salah satu sumber kalsium yang utama, beberapa studi menemukan bahwa kalsium yang terdapat dalam tempe juga dapat diserap seperti kalsium yang berasal dari susu, sehingga menjadikan tempe opsi yang baik untuk pemenuhan kalsium.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Ilustrasu kadar kolesterol | Foto oleh SLMA

Kandungan isoflavon dalam tempe dapat menurunkan tingkat kolesterol. Mengutip dari Healthline, beberapa studi menemukan asosiasi bahwa isoflavon secara signifikan menurunkan kolesterol.

Manfaat tempe tidak hanya bisa kita rasakan secara ekonomi, namun juga dari segi kesehatan. Kandungan nutrisi yang baik dari tempe akan membantu kita menjadi lebih sehat.

Tetap lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan komponen makanan lainnya agar tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan maksimal.