6 Makanan dan Minuman Ini Membantumu Tetap Hangat di Musim Hujan

by -
Foto oleh Olga Mironova dari Pexels

Musim penghujan tidak hanya mendatangkan sejuk, tapi juga seringkali mendatangkan dingin. Suhu yang cenderung turun pada saat musim hujan membuat kita memerlukan kehangatan tambahan bagi tubuh kita agar tetap sehat dan nyaman menjalani hari.

Banyak opsi yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap hangat di tengah musim hujan yang sedang melanda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi.

Makanan dan minuman dapat membantu tubuh tetap hangat di musim hujan, namun mungkin tidak semua makanan dan minuman akan efektif mendatangkan rasa hangat. Kandungan nutrisi dan komposisi penyusun makanan atau minuman tertentu membuatnya lebih unggul mendatangkan kehangatan dibanding lainnya.

Termogenesis dan panas tubuh

Secara umum, makanan atau minuman yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna akan membantu meningkatkan suhu tubuh dan membuatmu merasa lebih hangat. Proses inilah yang secara medisnya disebut termogenesis, dimana merupakan sebuah proses dari tubuh untuk memproduksi panas yang dikarenakan sedang metabolisme makanan. Mengonsumsi makanan atau minuman dengan protein dan karbohidrat akan membantu proses ini.

Berikut beberapa makanan yang cukup kompleks untuk dicerna sehingga dapat membantumu tetap hangat di musim hujan:

#1 Pisang

Foto oleh Kio dari Pexels

Pisang memiliki banyak kandungan vitamin B dan magnesium, kandungan tersebut penting bagi kelenjar tiroid dan adrenal untuk berfungsi lebih baik. Kelenjar-kelenjar tersebut membantu mengatur suhu tubuh.

#2 Teh jahe

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Teh jahe hangat dapat menghangatkan tubuhmu dari dalam. Jahe telah lama diketahui sebagai bahan makanan yang baik bagi kesehatan pencernaan dan dapat menstimulasi terjadinya termogenesis. Jahe juga bersifat diaporetik, yang mana berarti jahe dapat membantu tubuh untuk lebih hangat dari dalam keluar.

#3 Kopi

Foto oleh Burst dari Pexels

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini akan membantu pula peningkatan suhu tubuh. Baik yang hangat ataupun es, kopi yang memiliki kafein dapat menjagamu agar lebih hangat.

#4 Daging

Foto oleh Lukas dari Pexels

Daging, khususnya daging merah yang berasal dari sapi, kambing atau babi adalah sumber zat besi yang baik. Zat besi ini adalah mineral yang penting dalam proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Orang dengan zat besi yang rendah akan lebih mudah lelah dan merasakan dingin di tangan atau kakinya. Mengonsumsi daging juga bisa memberi suplai vitamin B12, vitamin ini berkontribusi untuk menjaga kesehatan saraf dan memperkuat sistem imun tubuh.

#5 Air

Foto oleh Snapwire dari Pexels

Cara sederhana namun ampuh adalah minum air yang cukup. Air dapat menjaga tubuhmu tetap stabil dengan segala metabolisme di dalamnya. Air juga membantu mengatur suhu di dalam tubuhmu. Kekurangan air akan mengarah pada dehidrasi yang dapat membuat suhu tubuhmu drop, dan sangat mungkin untuk membawa ke dalam kondisi hipotermia.

#6 Kacang-kacangan

Foto oleh David Disponett dari Pexels

Kacang-kacangan akan membantu meningkatkan metabolisme tubuhmu, ini berarti akan membantu juga mempertahankan tubuhmu agar tetap hangat di tengah musim hujan yang dingin.

Itu dia tadi 6 makanan dan minuman yang dapat kamu konsumsi untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat di musim hujan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga tubuh tetap kering dan aktif bergerak selama musim hujan.