Lulusan Perguruan Tinggi Didorong Mampu Jadi Inisiator.

by -

Denpasar, Baliinside.id – Lulusan Perguruan di Bali didorong untuk mampu menjadi inisiator. Mampu memberikan kontribusi bagi perubahan dan mampu terlibat dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat di masyarakat. Harapan tersebut disampaikan Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si saat memberikan sambutan pada Wisuda Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali 2020 di Sanur pada Sabtu (28/8).

Dasi Astawa mengingatkan para lulusan perguruan tinggi yang telah menyandang gelar sarjana tidak lagi hanya menjadi pengikut. “Harus mampu menjadi inisiator. Jangan jadi folowers, jangan jadi pengikut” tegas Dasi Astawa.

Dalam persaingan di era globalisasi para sarjana ditantang mampu untuk mengambil keputusan secara cepat. Keputusan yang diambil juga harus adaptif terhadap lingkungan sosial di masyarakat.

Pada sisi lain, Dasi berharap Perguruan tinggi di Bali mampu bergerak secara statis, namun tetap fokus untuk maju. Perguruan tinggi juga dituntut mampu mengembangkan program studi yang diminati oleh masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.