Dukungan Wagub Bali pada Program Free Covid Coridor Sebagai Upaya Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bali

by -

Denpasar, Baliinside.id/ – Wajah kondisi perekonomian di Bali saat ini mengalami penurunan hingga 12%. Hal ini mengakibatkan lokomotif sebagai mesin penggerak pendapat asli daerah dan perputaran ekonomi menjadi lumpuh. Untuk menyikapi hal ini Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik tiga (3) program yang akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno untuk Bali. 

Salah satu terobosan baru agar penyebaran Covid-19 dapat terkendali dan sekaligus perputaran dan pertumbuhan ekonomi bisa kembali menggeliat, maka sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah salah satunya program vaksin afirmasi, yang merupakan perhatian khusus untuk mengembalikan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Hal ini disampaikan Wagub Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati sesaat setelah melaksanakan rapat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala BI Perwakilan Bali, Dirut Bank BPD Bali, di Denpasar, Kamis (28/1).

Ditambahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bahwa kementerian akan terus memberikan dukungan sekaligus mendorong agar pemulihan perekonomian khususnya di bidang pariwisata akan dapat segera terjadi, tentunya dukungan dan peran serta masyarakat luas juga menjadi kunci utama bagi pulihnya lokomotif kepariwisataan Bali, yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dengan maksud bersama kita tekan angka penularan Covid-19 di Bali, sehingga kepercayaan dunia akan penanganan virus Corona dapat dijaga.

Pendalaman masalah ekonomi akan terus berfokus pada masalahnya yang konkrit tentang penanganan jutaan lapangan kerja, “yang seperti kita semua tahu bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak pengangguran akibat PHK. Sehingga inovasi untuk membangkitkan sektor pariwisata dan perekonomian kreatif terus digenjot,” tambah Menparekraf Sandiaga Uno.

Sejumlah program selain perhatian khusus untuk Bali berupa program vaksin afirmasi, juga dilakukan upaya untuk mendorong dan menggiatkan usaha program 9,9 triliun soft loan lokomotif pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai program pengucuran darah segar bagi pengembangan pariwisata.

Program penerapan konsep “Free Covid Coridor” bagi wisatawan dan tenaga asing yang boleh masuk ke Bali adalah mereka yang sudah mendapatkan vaksin di negaranya dan ditambah melakukan swab antigen di Bali menjadi fokus yang sedang dirancang. 

“Intinya kita sehatkan dulu masyarakat Indonesia khususnya Bali (sebagai pilot project) dan baru menyusul kita laksanakan program dan terobosan yang sudah kami rancang. Pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif harus sesuai dengan protokoler kesehatan agar penularan Covid-19 tidak semakin mengkhawatirkan dan semakin mematikan,” papar Sandiaga Uno.