Buka Diri Saat Pandemi, Pariwisata Bali Jadi Percontohan

by -
Gubernur Bali Wayan Koster saat melepas rally mobil kuno menandai new normal di Bali - IST

DENPASAR- Bali resmi menjalankan tatanan kehidupan normal baru sejak Kamis 9 Juli 2020. Keputusan berani tersebut dilakukan di tengah kurva pandemi Covid-19 yang terus menanjak. Hingga Sabtu (11/7) total kasus positif di Bali mencapai 2.147, pasien sembuh 1.354, pasien dalam perawatan 766, dan meninggal dunia 27 orang.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wayan Gunawan memuji langkah Gubernur Bali Wayan Koster. Terangnya pembukaan Bali, khususnya di sektor pariwisata mulai 9 Juli 2020 sudah dipantau dari hulu hingga hilir.

Dia menyebut keberanian dengan penuh kehati-hatian tersebut membuat Bali menjadi percontohan di Indonesia. Ketika Bali berhasil destinasi lain akan mengikuti. Bali tegasnya adalah sentral pariwisata Indonesia.

“Kami akan buka destinasi prioritas di provinsi lain. Kalau sudah punya role model akan disesuaikan dengan daerah masing-masing. Pariwisata perilaku yang baru selalu dengan mindset penerapan protokol kesehatan,” ucap Gunawan. Imbuhnya, pembukaan pariwisata Bali dilakukan dengan sangat hati-hati. Dirinya berharap Pemprov Bali memberikan keringanan pajak, antara lain pajak hotel dan restoran. ( RLS )